Monday, September 15, 2008

Iko's first trike

Dulu waktu di dili, Iko punya 2 mobil2an besar. Yang satu hadiah waktu baptis dari Antonio, bos-nya papa di World Bank, satu lagi hadiah ultah dari mantan anak les mama di Yogya. Tapi semua ditinggal di Dili karena keberatan klo dibawa. Nah, di sini Iko suka pinjam sepeda roda tiga (trike) punya Jose. Selain untuk digunakan sebagaimana mestinya, juga untuk sarana panjat memanjat :( Iko sih sebenernya gak terlalu ngebet banget ama namanya mainan. Setau mama dia cuma suka banget ama buku dan alat musik. Itu pun klo dipinjam orang lain, Iko mah santai aja. Kalo mau pinjem pnya orang lain trus gak dikasih atau dilarang juga, Iko kayaknya cuek aja tuh. Klo dilihat Iko termasuk anak yang bisa main apa aja dan ama siapa aja. Iko bisa "menciptakan" mainan trus asyik main sendiri. Kalo ada yang tiba2 rebut juga, biasanya dia mengalah aja trus ambil mainan yang lain, kecuali klo dia benar2 suka. Itu pun biasanya iko akan ask nicely waktu minta kembali. Pencinta damai deh kayak papanya hehe

Kembali ke sepeda. Sejak Jose asyik main sepeda di luar, mama dan papa suka kasian klo Iko cuma bisa liat. Iko sih gak pernah nangis minta sepeda, makanya mama dan papa rencana beliin sepeda waktu Iko ultah ke-2 nti Des. Eh, Rabu tgl 10 Sept lalu, tiba-tiba Papa ajak ketemuan di Chadstone (Mal terbesarnya di Melbourne). Mungkin karena merasa bersalah dah lama gak ajak jalan2 kekekek. Mama dan Iko kesana jam 3, papa langsung dari kampus. Di sana kita cuma jalan2 aja karena gak ada tujuan khusus. Trus kita mampir toko mainan Toys"R"Us buat liat2. Sampe saat ini klo masuk toko mainan, Iko gak pernah minta apa2 apalagi sampe nangis, paling2 sebutin mainan2 yang dia tau kayak truck, bus, car, ball atau nama animal2. Udah gitu jalan lagi.Paling Iko minta pegang bola, klo udah mau pulang, kita balikin lagi bola-nya, dia biasa aja. Disana mama ke bagian sepeda (mo liat2 aja rencananya), papa dan iko ke bagian lain. Trus mama liat ada diskon besar buat sepeda. Harga paling murah setelah diskon cuma $14.16, yang lain sekitar $40-120. Mama liat walo yang termurah, tapi lumayan juga tuh, kuat dan bagus modelnya. Yang penting kan gak bahayain. Trus mama telpon papa. Papa dan Iko datang dan Iko diminta nyobain sepedanya, ternyata sedeng deh (walo tulisannya untuk usia 2-5 tahun). Papa setuju buat beli.
Eitt tiba-tiba Mama liat Iko bawa mainan truk sampah ditangannya. Pantesan, gak terlalu heboh nyoba sepedanya udah sibuk ama truk-nya lagi. Mana ada bunyi dan suara2 orangnya lagi. Papa langsung mesem dan bilang "Beli aja cuma $20". Mama bilang "Gak ada budget, mana beli sepeda lagi". Papa jawab"tapi Iko suka tuh" (papa emang gampang tersentuh apalagi ama Iko hehe) Mama bilang " yah udah, cuma $20 kan".

Iko emang suka liatin truk sampah yang angkut tempat sampah tiap jumat pagi. Disini ada 3 macam tempat sampah. Warna merah: untuk sampah RT dan yg gak bisa didaur ulang lagi (diangkut 1x seminggu); Warna Kuning: untuk sampah daur ulang kayak botol,kaleng, kardus (diangkut 2 minggu sekali); Warna Hijau : Untuk sampah hijau kayak daun (diangkut 3 minggu sekali). Iko paling seneng lihat waktu penggaruknya angkat tempat sampah otomatis :)

Trus mama ajak tukar ama yang baru karena yg itu kayaknya sampel. Eh ternyata papa salah liat, harga sebenernya $40, gak ada diskon lagi.Papa keliatan ragu2, mama sih langsung bilang gak jadi abis mahal. Papa khawatir Iko nangis klo diambil. Cari yang mirip tapi lebih kecil dan murah juga gak ada. Trus mama deketin iko en bilang "Iko, this truck is too expensive for us. Mama & papa have bought a bike for you. So, We can't buy this truck now". Iko pandang trucknya lagi trus kasih ke mama. Waktu Mama taruh di rak lagi, Iko sama sekali gak merengek atau nangis. Waktu kita jalan ke kasir buat bayar sepedanya, kata papa, muka iko keliatan sedih dan nunduk aja. Mama bilang "biarin supaya Iko belajar gak bisa mendapatkan semua di hidup ini" Sampe di luar toko, Iko udah lari2 dan ceria lagi tuh. Syukur deh :)

Yang jelas Iko antusias banget waktu papa lagi rakit sepedanya. Udah gak sabar buat naik, sampe mama harus kasih kesibukan lain supaya gak gangu papa :) Setelah selesai (walo saking gak sabarnya, gambar Dinosaurus didepan sepeda gak mau dipasang), langsung deh dinaikin. Paginya Iko udah sibuk main sepeda di luar rumah. Lucunya Iko lebih suka naik sambil dorong ama kakinya daripada dikayuh, trus cari jalan turun supaya bisa meluncur, tinggal mama atau papa sibuk jaga2 di belakang :)

Oya peraturan baru untuk Iko adalah "No Bike in the bedroom" (supaya dia gak pake buat panjat2 hehe)

Ini foto Iko dan si Dino (nama sepeda Iko):





6 comments:

setia September 17, 2008 at 3:44 AM  

Fan, baru sempet baca blog Niko yang depan2. Baca posting yg ttg 17an di city bener2 rasanya nostalgia lho. Aku dulu pas kuliah di melb pas banget Es Teler 77 lagi buka di sana.

Masih ada gak yah Mekong, resto Vietnam yang di city? Trus kangen juga ama honey chicken resto2 chinese food sana. Aduhhh pokoknya tar suatu hari harus bawa nathan ke sana lagi. Doain yah! hehehe.

setia September 17, 2008 at 3:47 AM  

Fan, susahnya maenan di Australi kayanya mahal2 yah. Kalo di Indo maenan kan murah.

Pinter yah Iko gak nangis2 ato marah2 maksa minta truck maenannya. Emang bener kayanya anak harus diajar kayak gitu yah Fan.

Ferie, Riana & Cyndie September 17, 2008 at 12:34 PM  

Aduh Iko...so mature ya hahaha...good boy bgt ya. Kalo d mall jg sopan ya gak ngacak2. Memang nih kt hrs ajarin ya Fan anak biar milih...dan gak bisa dpt semua yg dia mau dgn gampang. Mama nya Iko hebat nih. Two tumbs ya buat Iko.

Nicholas NJB September 17, 2008 at 2:26 PM  

@Tia: Iya neh skrg klo di city kita makan di 77 aja, dulu favoritnya di Nando's. Soalnya banyak yg bilang 77 di Clayton gak enak jadi pikir sama. Sekarang yg Clayton udah tutup ganti sate square (lumayan enak juga tapi sepi) Klo resto lainya kita belum coba, kita berdua agak gak inovatif buat makanan hahaha
Pasti kamu bisa kesini lagi, klo aku masih disini janjian ketemu ya.

iya disini maenan mahal2, suka nunggu diskon besar dulu, bisa turun banget :)

@Riana: Tenkyu Anti Riana :) sebenerenya ada unsur mamanya pelit juga sih huhahaha

Michelle Angelee September 18, 2008 at 12:15 PM  

Bagus nih sepeda Iko, udah nyampe ya kakinya Fan... tinggi sih si Iko ya.....
Hebat juga si Iko bisa ngertiin pamanya, gak cengeng juga lagi. Sip ya Ko....

Nicholas NJB September 18, 2008 at 2:11 PM  

Iya Ci Yolan, kakinya udah sampe cuma kayuhnya bentar aja lebihnya masih didorong sambil meluncur gitu :)

Mudah2an pengertiannya trus ampe gede :)

My guests

About This Blog

Look, I grow up so fast !

Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker

  © Blogger template 'Bean' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP