Thursday, September 11, 2008

Full Time Mum (FTM)--- (Iko 21 months, 9 Sept 08)

Pinjem istilah Ci Yolan dengan FTM alias Full Time Mom buat diary mama kali ini ah...

FTM ini adalah profesi terbaru mama disini. Dulu sempat bayangin pasti boring deh, ternyata GAK SAMA SEKALI lho.. Walo semua dikerjain sendiri (maklum disini gaji pembantu mahalnya melebihi gaji orang kantoran dan termasuk gak umum juga) dari mulai masak, belanja, bersih-bersih, cuci baju (baik pake tangan maupun laundry), urus iko (semuanya..) dsb, tapi ternyata mama menikmati semuanya. Mungkin juga karena disini fasilitas umum sangat mendukung sepak terjang para FTM yang biasa melakukan semua sendiri ya kayak akses kendaraan umum untuk kereta bayi, perhatian khusus dan tawaran bantuan buat FTM yang kerepotan misalnya waktu bawa belanjaan dll, juga pengertian yang besar klo ada anak/bayi yang nangis di area publik atau kalau para FTM harus terlambat karena kerepotan.Jadi udah biasa lha, kalau lihat ada satu ibu dorong kereta bayi isi 2-3 bayi sekaligus plus 1-2 balita disebelahnya. Satu lagi adalah dukungan dan partisipasi si ayah untuk urusan domestik dan anak2. Jadi gak aneh klo di sini justru para ayah yang nemenin anak2nya ke Playground, shopping, gendong bayi pake selendang, kasih susu botol di baby room atau ganti nappy bayinya.

Kembali ke soal profesi baru mama ini. Yang paling mama nikmati sekarang adalah kebersamaan dengan Iko, sungguh tidak ternilai harganya. Setiap hari mama tertawa karena Iko. Setiap hari selalu ada yang baru dari Iko. Dan yang paling menyentuh hati, waktu Iko elus rambut mama dan cium pipi/hidung/bibir mama sambil bilang "Iko sayang mama" lembut dan jelas. Ah rasanya, semua kecapean mama hilang menguap.Buat mama, waktu-waktu bersama Iko adalah waktu terbaik dalam kehidupan Mama.

9 September lalu, Iko udah 21 bulan. Gak terasa ya. Rasanya baru saja, mama hamil dan melahirkan. Eh sekarang jebule udah gede anak'e :) Mama tau nanti pasti tiba waktunya mama harus "melepas" Iko ke dunia selain "dunia mama" kayak sekolah, guru, teman-teman. Pasti juga datang saat Iko pengen sendiri dan merasa udah gede atau lebih ingin melakukan sesuatu tanpa mama. Atau mungkin saat mama gak bisa berada di sisi Iko sepanjang waktu, karena kesibukan kerja atau mengurus para adik Iko. Tapi yang jelas saat ini, Mama ingin menikmati waktu bersama Iko, menikmati pertumbuhan Iko, tertawa melihat kelucuan Iko, bangga saat Iko mempunya kebisaan baru. Itu gak tergantikan.

Iko, terima kasih ya udah menjadi anak yang mau sabar kalau mama minta Iko menunggu, tidak repotin mama waktu nemenin mama belanja dan laundry, mau mengerti kalau mama bilang "No", gak cengeng, mau berbagi dengan teman-teman lain, penyayang, mau belajar hal-hal baru, mau selalu makan apapun makanan yang mama masak (walo kadang gak terlalu sukses hehe),untuk tidur nyenyak tanpa menangis, untuk selalu ask nicely dan mengucapkan Thank you, untuk sering mencium dan mengelus rambut mama, untuk selalu membuat mama tertawa, untuk selalu sehat dan pastinya untuk menjadi anak Mama.

Iko, maafkan mama kalau mama kurang sabar saat Iko ngotot tarik kursi karena ingin ambil sesuatu sendiri di atas meja, saat iko mencoba memakai baju dan sepatu sendiri, saat iko asyik coret-coret di buku mama, saat Iko ingin dibacakan buku padahal mama ingin istirahat, saat Iko rewel karena cape, saat iko main-main air di kamar mandi, saat iko panggil mama karena ingin menunjukkan sesuatu padahal mama lagi sibuk yang lain dan untuk waktu-waktu dimana mama harus "meninggalkanmu".

Mama sayang Iko juga.

6 comments:

Ferie, Riana & Cyndie September 12, 2008 at 8:29 PM  

Hiks...jd terharu bgt Fan bacanya.
Iko anak yg manis dan penurut ya...baek2 ama mama ya sayang...

Fan, Full time mom itu tugas mulia loh....itu cita2 gw sejak lama hehe...moga2 someday bisa tercapai.

Nicholas Nyfilho Juadine Bernardo September 14, 2008 at 1:55 PM  

Yes Ri, We are very lucky to have Iko as a son. Iko tuh termasuk jarang nangis sejak lahir, gak repotin sejak dalam perut dan punya pengertian yang gede sampe sekarang. Thanks God for that :)

Ya, gw percaya semua indah pada waktuNya. Gw selalu bersyukur dan menjalani semua yang diberikan Tuhan saat ini.
Gw percaya walo saat ini Riana belum jadi FTM tapi Riana adalah the best Mum for Cyndie :)

setia September 15, 2008 at 7:58 PM  

Iyah bener kata riana, jadi terharu deh bacanya. hehehe. Apalagi tadi abis marah2 gara2 Nathan ga mao minum susu :(

Nicholas Nyfilho Juadine Bernardo September 16, 2008 at 8:30 PM  

Tia, emang susah juga jadi ibu yang sabar trus, terutama klo lagi cape ya :) tapi pasti baby kita bisa rasain juga klo kita marah untuk kebaikan mereka sendiri kok.

Jac's Mommy September 22, 2008 at 2:15 PM  

Fan, selama ini gw ragu kalau jadi FTM bakal boring nggak ya, secara biasanya kerja kantoran..
Trus questioning myself juga, apakah gw cukup sabar untuk handle Jac sehari2.. Soalnya selain mental juga kudu siap fisik, anak seumur Jac n Iko kan lagi hobi mengeksplor segala sesuatu. Gak boleh meleng gitu..

Tp habis baca e-mail elo, kayaknya possible dan enjoy juga ya jadi FTM. Padahal dikau dulu terlihat tipe wanita karir, gitu, hehe..
Very inspiring.. =)

Nicholas NJB September 23, 2008 at 11:38 PM  

Win, emang jadi wanita pekerja dan FTM ada plus minusnya. Jujur juga, kadang gw kangen balik kerja apalagi klo Iko keliatan makin tergantung ama gw. Padahal dulu waktu gw & hubby sama2 kerja, Iko mandiri dan pengertian. Cuma sekrg gw mikir disini dia cuma sendiri, masa gw tinggal juga (mana biaya child care mahal lagi hehe) lagian gw gak mau keilangan golden age-nya dia. Jadi untuk sementara gw ngalah dulu deh :)

My guests

About This Blog

Look, I grow up so fast !

Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker

  © Blogger template 'Bean' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP