Sunday, October 19, 2008

Iko's Update News

Beberapa hari ini, mama gak bisa posting cerita karena laptop papa sempat "sakit". Waktu mau diformat ulang, eh ternyata ada masalah ama Window Vista-nya. Baru kemarin diperbaiki, cuma yah itu banyak program yang belum diinstal lagi. Untung mama udah tulis cerita ini beberapa hari sebelumnya, jadi cuma perlu di tambahin foto aja.

Ini beberapa cerita terbaru tentang Iko:

Baby Vitamin

Udah hampir satu minggu ini, mama kasih Iko vitamin Pento-Vite. Bukan cuma buat nambah nafsu makan tapi juga untuk menambah ketahanan tubuh dan zat-zat lain yang berguna buat tubuh.
Tapi jangan ditanya proses pemberiannya, abis Iko susah banget minum baik obat maupun vitamin. Dulu pernah mama kasih curcuma plus sekitar umur 9-10 bulan karena susah makan, tapi yah itu kasihnya pake segala jurus (dan disertai berbagai gaya penolakan dari Iko) dan biasanya nenek yang kasih, karena mama kurang canggih hehe
Sekarang mama pake jurus damai dan kompromi terbuka aja deh :)Mama ajak iko bicara baik2, trus biasain kasih sendok atau drops-nya buat dimainin dan selalu tekanin ini bukan "baby sakit" alias obat (yang Iko paling anti minum hehe) tapi "baby vitamin". Mama masih kasih drops karena concenrate-nya lebih kental jadi cuma kasih 0.45ml 1x sehari, klo yang pakai sendok, kasihnya harus lebih banyak dan sering (walah 1x aja udah susah gimana klo lebih coba).
Hari pertama, Iko masih jilat2 sendoknya dan minum dicolek kayak coklat, trus pas masuk langsung huekk, gak sampe beneran muntah sih, kayak mual aja mungkin Iko dah bayangin rasa obat hehe sampai sekarang, Iko masih belum sukarela sih, tapi bisa masuk lha dengan cara "disemprot" langsung ke mulutnya dan gak pernah pake nangis dan muntah sama sekali, tapi mama dan papa bener2 harus kreatif bujuknya hehe Papa emang gak terlalu biasa ama namanya "vitamin", beda dengan mama yang rajin dikasih vitamin dari minyak ikan sampe cerebrovort waktu kecil. Semoga pemberian vitamin ini memberikan efek yang baik buat Iko deh.

update: Setelah minum vitamin, kayaknya Iko semakin aktif dan lincah deh. Klo makannya sih masih sebanyak biasa, belum ada perubahan yang luar biasa sih.

No milk while sleeping in the night

Waktu umur 14-15 bulan di Dili, Iko udah gak minum susu lagi selama tidur malam. Awal2 masih pake acara nangis sampe mama ikut nangis, abis dulu khan Iko masih minum susu malam 3-4x @120ml tiap malam, jadi mungkin pas gak dikasih lagi Iko merasa kehilangan banget. Padahal dari bayi, klo mau susu jarang banget nangis paling cuma "uh ah ah" kayak gelisah trus kakinya tendang2. Malah disini klo mau susu, walo mata merem masih bisa minta dengan nicely "Ma, ben (susu dalam bahasa Tetun) plis" hehe
Setelah di Melbourne karena masih adaptasi ama makanan dan suasana baru, waktu malam2 Iko suka minta lagi, mama kasih lagi (salah mama gak konsisten ya) soalnya mama pikir klo Iko nangis bisa ganggu tidur papa dan mama khawatir Iko belum terlalu kenyang. Cuma mama buat susu-nya cuma 1x @210ml sekitar jam 1-2 pagi, 1x 210ml lagi diminum 1-2 jam sebelum bobo.
Rencana Iko baru "dilatih lagi" klo papa liburan, jadi gak sampe ganggu bobo papa :)Minggu lalu, Mama kepikiran untuk coba stop lagi waktu Ibu pendeta (orang Korea) ingetin mama supaya gak kasih Iko susu malam. Selain gak bagus untuk gigi dan bisa dapat masalah dengan infeksi telinga, juga anak lebih 1 tahun harus terbiasa tidur tanpa susu, selain itu makan berat-nya juga bisa lebih banyak.
Akhirnya selama 1 minggu ini "Operasi penyelamatan gigi, telinga dan habit Iko" sudah berjalan dan ternyata gak sesusah yang dibayangkan lho, Mungkin karena sekarang Iko udah bisa diajak bicara. Sebelum bobo mamah kasih tau Iko pelan2 klo malam Mama gak kasih Iko susu lagi, jadi Iko harus makan banyak supaya gak kelaparan kalo malam (note: susu 1-2 jam sebelum bobo masih mama kasih tapi setelah itu harus minum air putih untuk "cuci mulut"). Malam pertama, mama masih kasih tapi jamnya mundur sampe jam 4 pagi (masih pake nangis dikit dan gak lama), hari kedua mundur sampe jam 6 pagi (tanpa nangis) dan malam2 berikutnya udah sukses tanpa susu dan tanpa nangis lagi. Sekarang mama tambah jatah susu Iko siang hari jadi 1-2x @120 ml (yang dulunya gak pernah atau cuma 1x 120ml) supaya Iko tetep dapat gizi dari susu, tapi kadang klo Iko gak minta dan makannya udah banyak, mama pikir gak kasih susu juga gak apa2 kok.

Habislah "Era Stick Drum", Terbitlah "Era Truck & Train"

Akhirnya era stick drum Iko berakhir. Walo kadang2 klo lihat orang main drum di TV masih minta, tapi sekarang gak seheboh dulu lagi :) Nah, era baru yang muncul adalah era Truck dan Train yang dulu gak terlalu "digilai". Sekarang kemana2 harus bawa truck atau train Thomas Series. Yang paling bikin repot klo Iko lagi main truck di garden depan rumah. Iko pasti milih sudut yang ada pasirnya atau batu kerikilnya, supaya bisa taruh pasir atau kerikil-nya di atas truck. Hasilnya? Wuih semua baju dan badannya kotor penuh pasir. Mama dan Papa gak tega mau larang, karena Iko keliatan asyik banget. Lagian mama dan papa juga waktu kecil termasuk "anak kampung" yang hobi main kotor2an, kenangannya gak tergantikan lho :) Yah udah mama dan papa biarin aja sambil tetep awasin supaya gak ada yang gak masuk mulut. Habis main, mama gosok badan Iko dengan sabun, cuci semua baju dan sepatunya. Bikin repot sih, tapi mama tau Iko menikmatinya, so gak apa2 lha. Lagian klo disuruh stop, Iko mau kok dan klo udah mandi, Iko ngerti untuk gak main disana lagi. Ini foto2 Iko yang asyik berkotor2 ria :





Baby Corn

Iko termasuk suka sayuran. Klo udah makan sop sayuran atau bayam, Iko bisa makan banyak dan hobi gado-in sayuran kayak wortel, kentang, kacang panjang, sawi putih atau jagung. Nah, sayuran favorit Iko sampe saat ini adalah baby corn. Mungkin karena masih muda, jadi klo dimakan kres..kres gimana gitu ya :) Wah klo sup ada baby corn-nya, pasti Iko comotin dulu satu-satu, baru yang lain nyusul :) Jadi setiap belanja, pasti baby corn selalu masuk shopping list. Cuma disini baby corn yang bukan kalengan termasuk mahal, 8 buah harganya AUD 1.99, malah klo bayam 1 ikat hargnya AUD 2.99. Pokoknya disini semua sayuran mahal2 deh, cuma wortel dan kentang masih lebih murah dari pada yang lain.

Lagu kesayangan "If you are happy"

Sejak ketemu ama bus-nya yang ada lagu If you are happy, Iko suka banget lagu ini. Tiap mama mulai nyanyi (walo bukan nyanyi buat Iko juga) langsung disambut dengan request lagu "Ma, hepi-hepi plis". Nah waktu mama mulai nyanyi, Iko langsung siap dengan gaya-nya, kayak gini:

M: If you are happy and you know, clap your hand (Iko: tepuk tangan)
M: If you are happy and you know, node your head (Iko: anggukkan kepala)
M: If you are happy and you know, and you really want to show
M: If you are happy and you know, turn around(Iko: berputar)

Perintah2nya macam ada jejakan kaki, angkat tangan, angkat kaki, kedipkan mata dll Asyiknya, lagu ini juga bisa mama dan papa manfaatkan buat minta Iko melakukan sesuatu yang suka agak susah dilakukan, pas Iko "sadar" hehe misalnya kiss mama, kiss papa, pakai baju, buka mulut (kalo pas udah males ama sendok2 terakhir makanannya)Semua Iko ikutin lho. Kayaknya Iko lebih seneng ikutin gaya lagu daripada nyanyi. Lucu juga klo liat Iko peragain gaya lagu "twinkle2 star" atau "topi saya bundar". Karena mamanya lebih bisa lagu Indonesia, Iko juga jadi kenal lagu anak2 Indonesia lho dan suka niruin nyanyi juga.

Iko & Bahasa Indonesia

Ngomong2 soal bahasa, jadi inget perkembangan Iko ama Bahasa Indonesia. Mungkin karena sering denger mama dan papa ngobrol ama Bahasa Indonesia, kosa kata Indonesia Iko juga bertambah walo mama dan papa udah lama gak ajarin bahasa Indonesia secara aktif. Mungkin juga karena Iko masih nonton beberapa VCD lagu serta VCD belajar warna dan suara yang mama beli di Indonesia. Jadi Iko suka niru2 juga kayak kotak, ayam, lingkaran, senang, hujan, habis, hati-hati (ini udah dari dulu hehe) dan banyak lagi Malah waktu mama ajarin hitung 1-10 dalam bahasa Indonesia dan tetun (Bahasanya papa) Iko udah langsung bisa dengan jelas dan lancar lho. Yah, moga2 Iko gak bingung dengan macam2 bahasa baik yang sengaja dipelajari maupun yang gak sengaja.

11 comments:

Michelle Angelee October 22, 2008 at 4:05 PM  

Iko pinter ya Fan. Serba gampang skr semuanya ya n malem2 gak perlu terkantuk2 sambil bikin susu lagi. Hebat Iko oey, kapan ya Mici ngikutin ?
Aku belum kasi vit ke Mici nih fan, pinginnya kasi vit yang bikin anak doyan maem tapi bukan doyan mik susus lho, haha...

Nicholas NJB October 22, 2008 at 10:57 PM  

Ci Yolan, dulu Iko juga kuat susu-nya satu hari 120ml bisa sampe 8x, makanya makan nasi-nya kurang. Waktu aku mulai stop susu siang hari, Iko sempat ngamuk juga, tapi aku tegain. Mungkin karena lapar & gak ada pilihan lain, Iko jadi makan nasi. Kalo anak kenyang, dijamin deh gak inget susu-nya :)
Ayo Mici, banyakin maem nasi, jadi nti jadi rice baby bukan milk baby lagi hehe

Tine October 23, 2008 at 9:37 AM  

Alo, met kenal ya mamahnya iko + iko. Jadi kangen melbourne euy liat poto2 iko.. :( hiks hiks hehe

Iko Sama bgt euy sama baby Tante: Jeremy(10months) jga plg demen maen tanah kalo di kebun.. iya asal ga dimkn sih gpp.. tapi si J masih demen masukin smua ke mulut jadinya harus siap siaga aja..hihi

met kenal ya

Jac's Mommy October 23, 2008 at 1:38 PM  

Wah, Iko dah sukses lepas susu pas malam, ya..
Jac belum berhasil lho =(. Padahal sebelum tidur dah nyusu 300 ml. Emang sih, makan terakhirnya (dinner) jam 5 sore..
Udah dicoba malam gak dikasih susu, eh malah nangis2, trus kebangun jadi susah bobo lagi =(.

Jac nyusu malemnya kuat banget.. Sebelum bobo 300 ml, tengah malem 300 ml, sekitar jam 5 pagi 150 ml. Trus siang2 minum 150 ml lagi. Tuh belum termasuk kalau dia "haus" minta susu sore2. Kadang bisa 1 liter sehari..

Sama, gw jg kasih Jac Vitamin kok. Buat memperkuat daya tahan tubuh sih, bukan buat nambah nafsu makan.

Ferie, Riana & Cyndie October 23, 2008 at 7:57 PM  

Wah Iko jg suka lagu If u're happy yaa...itu sukaannya cyndie jg hehe... Yup bener Fan, kalo siang dia makan nasi 3 kali pasti malemnya gak mimik susu lagi. Go Iko.

Nicholas NJB October 23, 2008 at 9:36 PM  

@Tine: Hi Tine, salam kenal juga. Sekarang tinggal dimana? klo di melbourne juga khan bisa ketemuan ya. Aku udah link blognya J, tolong link blog Nicholas juga ya. Emang klo umur segitu, semua lagi dimasukkan ke mulut,sampe sekarang Iko aja masih kok kadang2 :)

@Windy: Wah banyak bener susu-nya Jac, trus gimana makan nasinya Win, banyak juga ga? di sini malah banyak yang di atas 1 tahun udah gak dikasih susu formula lagi paling cuma susu ditaruh di cereal doang lho Coba deh ajak Jac bicara baik2 trus dikrangi bertahap, pasti bisa kok asal sabar dan konsisten aja kali ya hehe

@Riana: Pasti Cyndie udah hafal nyanyinya juga ya, klo ketem Nicholas khan bisa langsung duet haha Iya neh, mudah2an makannya Iko lancar trus :)

Tine October 24, 2008 at 12:19 PM  

Halo, skrg sih lagi terdampar di newcastle - deket sydney. Ia coba kalo di Melb, bsa ktmuan. hihi Dulu gw tinggal di mulgrave *deket bgt kan ma clayton* and studynya di Monash uni jga sama ya ma papahnya iko, btw Mamahnya Iko namanya sapa nih?
Ia nanti gw 'coba' link balik - agak2 gaptek nih *jaman gini gaptek!* hihi

Nicholas NJB October 24, 2008 at 12:55 PM  

Tine, nama gw fanny. Mudah2an suatu hari kita bisa kopi darat ya :)

Jac's Mommy October 24, 2008 at 1:33 PM  

Jac udah gak pake formula dari umur 1 tahun Fan.. Dah ganti ke UHT :).
Jadi pake Ultra plain aja. Kadang dicampur cereal or biskuit juga. Tapi banyakan di-glek langsung, hehe..

Anonymous October 24, 2008 at 6:21 PM  

Hai Iko yang tambah cute.. Iko tambah ganteng n lucu. Om Ferdie n tante Erni jadi tambah kangen sama Iko. Cium kangen dari jauh...

Nicholas NJB October 24, 2008 at 6:52 PM  

@ Windy: Jac udah gak NAN lagi ya? Iya kok menurut gw susu juga bagus kok, khan asal 4 sehat 5 sempurna hehe

@ Special commentators: Om Duddie & Tante Erni, makasih ya udah mampir, Iko juga kangen neh, kapan yah bisa ketemuan lagi, gimana klo nti bulan madu Om & Tante di Melbourne aja :P Salam dari mama dan papa

My guests

About This Blog

Look, I grow up so fast !

Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker

  © Blogger template 'Bean' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP