Monday, November 10, 2008

Acara2 Iko pada tgl 6-9 Nov 08

Ini cerita tentang kegiatan Iko hari kamis-minggu lalu (tgl 6-9 Nov 08) lalu. Cuma banyak yang gak ada foto-nya. Ada yang memang gak diperbolehkan ambil foto (kayak waktu imunisasi), ada yang pas gak bawa kamera dan lebih banyak karena keliatannya gak enak aja ambil2 foto di acara2 pribadi (yang notebene cuma mama yang bawa kamera dan pengen foto2 sendiri hehe). Abis di sini, kita gak bisa asal ambil foto orang lain baik sengaja maupun gak sengaja, sebisa mungkin harus izin orangnya siapa tau dia keberatan. Untuk sementara ceritanya dulu aja ya:

Story Time di Oakleigh Public Library, Kamis, 6 Nov 2008

Setiap Kamis jam 11 pagi, di Oakleigh Public Library ada kegiatan Story Time untuk para toddler. Di sini emang setiap library punya agenda story time, antara lain untuk meningkatkan minat baca anak sejak kecil. Acaranya sama sekali gak dipungut biaya dan semua bisa datang (tidak perlu mendaftar dulu). Minggu lalu, mama dan Iko terlambat jadi pas kita datang, acaranya udah selesai, karena acaranya cuma 30 menit. Mama pikir acaranya 1 jam sama seperti Story Time di Clatyon Public Library, jadi walau udah terlambat setengah jam, masih bisa ikut setengah jam berikutnya.
Nah, karena acaranya disebut juga Toddler Time, yang datang memang anak-anak sekitar umur 1 sampe 3 tahun. Iko yang baru pertama datang, maunya duduk di belakang. Matanya sih terus ke depan, mungkin lagi mempelajari situasi. Acaranya dipandu sama salah seorang petugas library (perempuan sekitar umur 40-50 tahun) yang membacakan 3-4 buku untuk toddler. Cara berceritanya menarik karena diseling lagu dan gerakan, trus pakai boneka dan gambar2 plus suaranya yang meniru pelaku ceritanya. Ada juga acara menari bersama diakhiri dengan membuat prakarya yaitu topeng kucing yang diberi stick. Semua fasilitas mewarnai dll disediakan oleh library termasuk ruang khusus di library untuk acara story time ini. Iko sih gak lama perhatiin baca ceritanya, karena lebih tertarik liatin anak2 di situ yang emang lucu-lucu. Untungnya pas buat prakarya, masih mau corat-coret sedikit, walaupun pas mau dikasih stempel boneka kayak yang lain, Iko belum sukarela kasih tangannya :) Selesai acara, Iko masih asyik buka2 buku sedangkan mama sibuk cari DVD baru punya dipinjem :)

Meeting Home Group "Earth Lovers" di Rumah Chaterine, Jumat 7 Nov 08

Seperti yang pernah mama ceritain, di gereja khan ada beberapa home group kayak tentang culture, cooking, earth lovers dll. Jumat lalu, Chaterine (Orang Indonesia tapi suaminya orang Aussie) ajak mama untuk datang ke meeting home group yang pas minggu itu diadakan di rumahnya. Mama dan Iko juga akan dijemput jadi gak usah pake public transport, apalagi acaranya malam jam 6.30-9.00 malam. Untung juga sih dijemput & dianterin, karena malam itu hujan dan dingin.Beberapa jam sebelum berangkat, mama udah bilang Iko klo mau ke rumah Chaterine dan minta Iko behave di acara tersebut. Mungkin karena itu, disana Iko bener2 jadi Good Boy. Walau satu2nya batita (anak kecil yang lain sekitar umur 8-12 tahun), tapi Iko bisa main sendiri sama helikopter dan truck kayu yang dipinjemin tuan rumah. Oya truck kayu itu ternyata bekas mainan suaminya waktu kecil jadi udah hampir 38 tahun umurnya, apik banget ya mamanya simpen mainan sampai selama itu :) Klo yang helikopter "baru" sekitar 7-8 tahun, bekas mainan anaknya waktu mereka masih di jepang. Abis main, Iko taruh mainan di atas meja sendiri lho :) trus pas makan, Iko juga mau ikut makan. Waktu mama masih makan dan lagi ngobrol ama teman-teman, Iko sih asyik keliling2 sendiri, kasih Hi Five ama semua org disitu, tunjukin kantong dan gambar thomas di baju kodoknya, perlihatkan keahlian nyanyi If you are happy dll. Pas sesi presentasi tentang pengelolaan sampah, Iko juga minta pensil kayak yang lain trus coret2 di kertas lalu tunjukin ke mama "Mum (skrg Iko panggil mama lebih sering "Mum" daripada mama hehe), rubbish bin!" (padahal mirip aja gak hehe, mama sih ok-ok aja). Mungkin dia terinspirasi ama gambar 4 jenis rubbish bin di layar proyektor. Oya lucunya, pas gambar itu baru muncul Iko langsung teriak "Rubbish Bin!" (kayak dia sendiri yang tau klo itu gambar tempat sampah hihi). Setelah itu, Iko sibuk mindahin semua kertas dan tempelan kulkas ke meja (mama liat sih tapi karena gak dirusak/disobek cuma dipindahin aja jadi mama diemin, pikir mama nti baru diberesin lagi). Trus tiba2 Iko datang ke tengah2 kita semua sambil bawa foto anak kecil, trus dia tertawa terbahak2, lucu banget (sayang gak kefoto) sampe semua ikut ketawa geli liat gaya dia ketawa. Wah, pokoknya malam itu Iko is the star deh (narsis deh mamanya). Sampe waktu di mobil juga, Iko duduk main sambil hitung abjad, nyanyi dll. Ini senengnya mama sama Iko, paling asyik klo dibawa kemana2 :)

Imunisasi di Drumhond Hall, Oakleigh, Sabtu, 8 Nov 08

Sabtu pagi, Iko siap dibawa untuk imunisasi terakhir kalinya, sampai nti imunisasi lagi pas umur 4 tahun. Soal imunisasi ini sedikit agak rumit jelasinnya, karena memang untuk imunisasi wajib sampe umur 9 bulan (campak), Iko dapat di Dili, tapi imunisasi lainnya seperti hepatitis, MMR dll belum, karena di Dili gak tersedia. Ada sih di klinik embassy, cuma mahal banget. Pas ke Indonesia des lalu, udah mau diimunisasi juga tapi kata papa sekalian aja di disini. Di Australia emang imunisasi wajib dan gratis. Tiap bulan selalu diadakan di badan2 kota. Pas baru datang awal april lalu Iko langsung dapat 3x suntikan, bulan berikutnya 2x suntikan, bulan ketiga 2x suntikan lagi dan yang terakhir sabtu lalu (hepatitis ketiga). Puji Tuhan setelah imunisasi Iko sama sekali gak demam dan sehat trus. Pas disuntik juga cuma nangis sebentar aja, malah pas udah disuntik sambil terisak2 Iko masih sempat ucapin "Thank you!" haha Sayang disana gak boleh ambil foto, jadi gak ada deh dokumentasinya. Sabtu lalu, Iko juga cuma nangis bentar, karena sebelum suntik, mama dan papa udah "doktrin" Iko dengan "Iko, jus..jus.." dijawab Iko "More!" haha
Tapi ada kejadian lucu sebelum suntik, justru yang buat Iko nangis kenceng banget. Ceritanya waktu nunggu giliran, di depan kita ada anak perempuan kembar 2, cantik banget umurnya sekitar 3 tahun. Mereka datang dengan mamanya dan adik bayi sekitar umur 1 tahun. Mama ajak Iko deketin buat kenalan, Iko langsung semangat tuh (tau aja cewek cantik ya hehe). Jadi Iko dan anak2 itu udah saling jabat tangan gitu deh. Pas mama masih ngobrol ama mama mereka, Iko ternyata udah bergaya di depan 2 anak cewek itu dengan mondar-mondir sambil masukin tangan di saku (ini menurut cerita papa, si saksi mata hehe), eh tau-tau Iko kesandung dan jatuh (jatuhnya biasa aja, gak keliatan sakit kok, kata papa). Cuma abis itu Iko bangung dan nangis kenceng banget trus pas digendong papa, Iko taruh mukanya sembunyi di dada papa. Hahaha ternyata Iko malu ama 2 cewek kembar tadi, masa abis gaya2 langsung jatuh, khan gak cool haha Untung gak terlalu lama sampe buat semua orang dan bayi2 mereka terganggu. Kasian juga sih nangisnya kayak sakit ati, pake terisak2 gitu haha

Perayaan Ulang tahun Jose, Korean Restaurant & Swimming Pool, Clayton, 9 Nov 08

Jose, anaknya Uncle Bill dan Aunty Retchel ulang tahun ke-2 tgl 4 Nov lalu. Karena hari itu kita datang ke family picnic di Monash, jadi perayaannya diundur hari minggu. Rencananya kita (termasuk Maun Konis dan Mama Shinta, kakaknya papa)mo lunch di Restaurant Korea Clayton trus berenang di Clayton Swimming Pool. Ternyata sampe sana semua restaurant masih tutup. Sampe2 kita hampir memutuskan untuk makan masakan Indonesia di Sate Square aja.Ternyata emang sebagian masih buka tapi siang jam 12 (karena hari minggu). Waktu kita balik lagi ke tempat semula restaurant korea pertama emang tutup klo hari minggu, ya udah kita masuk ke restaurant korea lain dekat situ yang pas buka jam 12.00 (jadi sempat nunggu 15-30 menit dulu deh). Nama restorannya "Kangnarro" (kata papa, yang punya temennya Kang Asep, orang sunda haha) dekat stasiun Clayton. Jadilah kita tamu pertama mereka :)
Iko dan Jose langsung tertarik ama aquarium langsung sibuk naik kursi sambil teriak "fish..fish..". Pas starter datang, Iko langsung mama dudukin di kursi. Untung Iko bisa duduk tenang sambil makan nasi dan daging barbeque. Pas udah abis makan, Iko minta turun (mungkin karena liat Jose yang gak mau makan dan turun kursi trus dari tadi), tapi papa bilang jangan karena takutnya ganggu tamu yang lain, jadi mama berusaha nahan Iko di kursi dengan kasih train thomas-nya dan bola. Pas asyik2 main, ternyata Jose pengen kereta yang dipegang Iko, padahal Jose udah pegang 2 train (1 punya jose dan 1 punya Iko yang dikasih Iko dengan sukarela) sedang Iko cuma pegang 1. Karena dilarang sama mamanya, Jose marah dan lempar 2 train di tangannya ke muka Iko. Langsung deh Iko nangis sambil bilang "sakit..sakit" di bagian hidungnya. Yah udah, mama keluarin Iko dari high chair trus liat aquarium lagi. Cuma yah itu, klo udah turun, Iko langsung explor padahal tamu udah pada datang. Yang paling parah, pas Iko mainin kerikil2 di tanaman hias di dekat pintu keluar, untung yang punya resto ramah dan baik. Mama dan papa gantian awasin Iko yang asyik "bersih2" kaca lemari es tempat soft drink dan kaca pintu sama tisu, supaya gak acak2 kerikil2 lagi. Untung selanjutnya Iko behave (abis udah "komunikasi" ama di pemilik resto ama bahasa korea, gak tau nyambung gak abis Iko juga jawabnya pake bahasa planet sih hehe)
Abis makan, rencana anak2 mau pada renang. Tapi maun konis sakit perut jadi batal berenang dan pulang duluan. Iko berenang sama papa bareng Jose dengan mama dan papanya. Mama sibuk belanja mingguan di Clayton Market. Pas mama selesai, Iko dan papa udah duduk main di ruang resepsionis sambil nunggu Jose yang belum selesai. Kata papa, Iko seperti biasa enjoy ama acara berenang. Sebelum pulang mampir ke My Chemist, karena katanya ada diskon termometer telinga cuma $30, tapi pas dilihat papa mau lihat di toko lain dulu, supaya dapat yang benar2 bagus. Ini beberapa fotonya:


0 comments:

My guests

About This Blog

Look, I grow up so fast !

Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker

  © Blogger template 'Bean' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP