Thursday, November 13, 2008

Hari kedua Iko di sekolah & ulasan kepribadian Iko

Hari ini hari kedua Iko sekolah. Setelah kejadian dramatis kemarin pagi tapi happy ending sore harinya, buat mama cukup optimis Iko akan lebih bisa beradaptasi hari ini. Cuma ada sedikit yang bikin mama agak terharu, semalam Iko bangun 3-4x, gak nangis sih, cuma duduk di tempat tidur dan panggil mama. Pas mama udah usap tangan dan punggungnya Iko, Iko bobo lagi. Mungkin kebawa kejadian paginya ya.

Pagi ini, setelah siap semua sekitar jam 9.15, kita berangkat ke ABC. Sampe di depan sekolah, waktu mama lagi gantungin stroller Iko, Iko udah mulai panggil mama dan gandeng tangan mama. Iko gak mau waktu mama taruh tangannya di kunci pintu masuk, mungkin Iko semakin merasa mau ditinggalkan seperti kemarin ya. Sampe di kelasnya, Iko pengen digendong trus sambil mama diskusi tentang hari kemarin dengan Priyanti (gurunya).

Ada pertanyaan Priyanti yang bikin mama sedikit kaget. Priyanti menanyakan apakah Iko dan Jose udah saling kenal? mama bilang ya, karena kami share house. Priyanti tanya lagi "apakah Jose sering pukul Iko di rumah?". Tanpa bermaksud menjelekkan Jose, dengan jujur mama bilang "Ya, kadang-kdang tanpa alasan sama sekali Jose pukul atau menendang Iko, merebut semua yang dipegang Iko dan selalu membuntuti Iko kemana Iko pergi dan lakukan, tapi akhir2 ini udah gak sesering dulu, mungkin karena mama dan papanya sabar menasehati dia" Priyanti bilang "Ya, saya melihat di sini juga Jose seperti itu. Memang biasanya anak yang gak nangis waktu hari pertama mempunyai sifat lebih keras dan aktif" Mama bilang "tadinya saya ingin mereka dipisah, tapi gak bisa karena Jose hanya lebih tua 1 bulan dari Iko, jadi mereka di grade yang sama Pre-Kindy 2" Trus Priyanti bilang "Walau saya jauhkan Jose dari Iko, mereka suka main bersama lagi" Mama pikir pasti lha, gimana pun mereka udah main bersama selama 7 bulan dan udah saling kenal.

Dari pembicaraan di atas, mama semakin menyadari kalau Iko memiliki perasaan yang halus dan sensitif. Mama jadi inget sejak bayi Iko jarang menangis, kalau mainannya direbut, Iko biarin aja, jarang banget balas mukul kalau dipukul, kalau mama dan papa bilang gak boleh Iko sering mengerti, kalau Iko dilembuti, Iko cepat luluh, Iko juga suka menunjukkan perasaannya dengan bilang sayang atau kiss mama dan papa. Di sisi lain kalau mama dan papa marahin Iko dengan suara keras, Iko akan nangis, atau lihat ada anak lain dimarahi dengan keras oleh mamanya, Iko akan ikut sembunyi. Kalau dipikir2, banyak pribadi Iko mirip sama papanya deh :) Kalau mama cenderung keras hati dan keras kepala (walau seingat mama, dulu gak suka main pukul lho, klo mempertahankan barang yang direbut mah pasti hehe) Mama cuma diantar Oma ke sekolah 1x pas hari pertama di TK, lebihnya dititipin ama tukang becak langganan hehe. Yah semua anak khan memiliki pribadi masing-masing dan setiap pribadi pasti ada baik buruknya. Mama dan papa sih udah ajarin Iko untuk bilang "No" kalau Iko gak suka mainannya direbut atau disakiti orang lain. Mama dan papa gak mau ajar Iko untuk balas memukul atau tindakan2 agresif lainnya. Bukan apa2 nti takutnya kebawa sampe gede. Menurut mama sih kalau anak2 main bersama wajar kok klo kadang2 ada yang nangis, atau saling rebut atau saling pukul 1-2x. Tapi klo keseringan baru gak lazim :)

Dulu mama suka gemes liat kok Iko "nrimo" banget, jarang melawan dan selalu mengalah, pencinta damai lha kayak papanya, tapi ternyata klo Iko gak suka atau seperti merasa terganggu, Iko bisa melawan juga lho. Sekarang mama belajar menerima apapun pribadi Iko karena nyatanya Iko jarang banget nyusahin mama klo disuruh makan, mandi, dibawa kemana2, selalu makan apa aja yang mama sediain, gak rewel dan gak suka merusak mainan (seperti membanting atau merebut paksa). Lagian mama lihat Iko termasuk bernyali besar dan pemberani karena mau mencoba mainan baru seperrti memanjat, berseluncur, ayunan dll Perkembangan motorik halusnya juga pesat. Iko suka menyelesaikan masalah secara sistematis dan gak setengah2. COntohnya kemarin pas Iko lagi main ama sticker di tangannya, Mama minta Iko parkir sepedanya di tempatnya. Iko bilang ya tapi gak langsung dorong sepedanya (biasanya klo dia bilang yes/ya pasti langsung dilakuin). Ternyata Iko tempel stickernya dulu di dinding tapi cuma sedikit aja, mungkin supaya tangannya bebas dorong sepeda. Setelah itu Iko ambil bola yang tergelatak di sebelah sepeda (mama pikir pasti mau main bola dulu), ternyata Iko taruh bolanya di meja. Trus ambil stick (pemukul cricket mainan) dan taruh lagi di meja yang sama, Iko lalu lihat ke seluruh ruangan buat lihat masih ada gak mainan yang berserakan. Setelah dia lihat gak ada, baru dia dorong sepedanya ke pojok ruangan dengan parkir yang bener2 sempurna, seperti arahnya harus lurus dan rapi. Baru Iko liat mama bilang "Abis, no more" sambil kibas2in tangan. Mama bilang "Thank you Iko" dengan bangga (hehe), Iko jawab "Welcome Mum" plok..plok..mama salut banget lho. Iko termasuk rapi dan teratur, mungkin suka liat mama yang hobi beresin barang dan ingin semua rapi (sorry ya pa, kayaknya yang ini ikut sifat mama deh hahaha)

Anyway, tadi pas ditinggal Iko masih nangis sedikit dan langsung digendong gurunya. Pas mama keluar ruangan tangis Iko udah gak kedengeran lagi. Mama jadi lebih tenang ninggalinnya. Semoga hari ini juga berakhir dengan baik.

Iko, mama tau Iko sedih berpisah sama mama, mama juga, tapi nanti sore pasti mama kembali untuk jemput Iko ya.

Update:
Waktu sorenya dijemput, mama sengaja gak langsung masuk, tapi ngintip Iko dari pintu dulu. Iko lagi main tenang di karpet, trus Iko jalan ke jendela kaca dan memandang jendela dengan gaya melamun. Padahal sekitarnya rame banget, Iko kayak punya dunia sendiri. Bagian ini mengingatkan mama sama salah satu kebiasaan (atau sifat atau hobby) mama dan papa yang sama-sama suka merenung atau memisahkan diri dari keramaian dan menyendiri. Rasanya hati kaya sepi dan kosong, walau sekitar ramai (ciee mama nih mellow banget deh hehe). Mama terenyuh juga lho liat Iko kayak gitu. Eh tiba2 Iko nengok ke pintu, kayak merasa diliatin mama dan pas liat mama disitu langsung lari dan jebih2 en nangis deh, datangin mama dan pegang tangan mama. Sampe2 jose yang ikutan nyamperin buat nunjukkin mobil2annya aja langsung ditepis ama Iko seakan2 mau bilang " This is my mommy" :) Setelah itu Iko ceria lagi sih, cerita dan aktif seperti biasa sampe di rumah. Gak nangis sama sekali walo mama masih cerewetin Iko untuk ini dan itu :P Mungkin Iko mikir "kagak apa2 deh dicerewetin tapi kan deket mama" huahaha Malam itu beberapa kali Iko datangin mama (klo papa cuma 1x aja, hore mama lebih dirindukan Iko hehehe)trus kasih ciuman five times (pipi kika, kening, hidung dan bibir), kangen kali ya, thank you Iko :)

Oya ada hal lain yang mama mau ceritain soal ABC ini, karena ini lebih condong sebagai child care maka semua makanan, minuman, snack, susu, diapers udah disediain disana. Masalahnya makanannya cenderung western kayak cheese makaroni, beef curry, cereal, toast bread dll Lha Iko kan anak Indonesia (en timor hehe) banget. Hobinya makan nasi dan sayur, ikan dan ayam OK, meat doyan biasa aja. Iko juga gak terlalu suka semacam spaghetti, makaroni dan makanan bule2 lainnya. Mungkin kebawa mama kali ya. Rasanya gak mantap klo gak makan nasi (en sambel huahaha). Ya udahlah supaya Iko juga bisa dilatih makan yang lain selain favoritnya nasi plus sayur bayam pake baby corn :) Mama liat di table evaluasi, Iko mau bobo siang sekitar 1 jam-an dan mau makan meal dan snack juga. Susu aja yang gak mau, abis harus pake gelas, jadi praktis ini hari ke-5 Iko gak minum susu lho, cuma mama kasih keju dan yoghurt aja. Yang jelas setiap pulang sekolah, Iko langsung minta makan dan bisa abis 2 piring plus segala cemilannya. Untung malam tetep konsisten gak minta susu sampe pagi. Kadang mama mikir Iko kelaparan gak yah disana, soalnya disana kan makan harus sendiri, duduk dengan piring di atas meja kecil trus waktunya dibatasi. Iko sih gak terlalu masalah tentang yang itu, cuma klo dia gak doyan trus gak habis, jangan2 cuma dicuekin aja dan langsung dibersihin. Tapi mama mikir klo gak kenyang pasti Iko rewel dan sensi sampe rumah, tapi ini gak. Mama juga mikir, apa kenyang yang makan siang ama chicken & sweet corn soup doang, biarpun abis 2 mangkuk, maklum kita khan generasi nasi segunung ayam sepotong gitu deh :) Mungkin mama jangan terlalu khawatir deh soalnya menunya udah disusun dengan diet dibawah pengawasan dokter anak sih. Smoga semuanya baik untuk Iko.

7 comments:

Windy November 14, 2008 at 2:50 PM  

Eh, sama lho Fan.. Jac tempo hari gw ajak trial di Tumble Tots juga gitu. Kadang suka melarikan diri dari keramaian, dan dia aktif main2 sendiri di area lain.
Mungkin belum merasa "belong" sama lingkungan kali yah, jadi masih enjoy main sendiri..

Duh, Iko lembut hati yah.. :)
Kalau udah tau karakternya enak Fan.. Jadi kita ngerti gimana caranya ngadepin anak kalau lagi ada masalah..

tine November 14, 2008 at 3:29 PM  

Wah Fan aku baru sempet baca2 ttg iko di ABC. Iko tapi anaknya cepat beradaptasi ya Fan, nangisnya tambah bentar hari ke2.. mudah2an seterusnya ga nangis lagi.. Kebayang lar ga tenang hati mamana kalo anak yg di'tinggalin' nangis..

Lumayan baca pengalaman iko jadi ada gambaran dikit buat J :).Si J pas 17blnan+ rencananya mo dimasukin childcare karna kdu balik kerja nih - ini udah ditunda2 mulu sih huhuhu *ngebayanginnya aje udah sedih :(* mudah2an J bisa cepat beradaptasi kaya Iko ya..

Nicholas NJB November 14, 2008 at 7:30 PM  

@Windy : Iya Win, Iko hatinya lembut tapi jadinya sensi juga, gak bisa dibentak keras, untung klo dicerewetin mamanya tahan lha, kayak papanya :P

@Tine: Iya nih aku selalu berusaha gak inget iko trus selama dia di ABC, takutnya nyetrum :) Tin, sebaiknya J udah kamu masukin sebelm kamu kerja, jadi klo dia gak comfort kamu bisa jemput dia kapan aja atau atur cara lain. Klo kita dah kerja trus anaknya gak comfort khan jadi kepikiran juga kasian anaknya serasa "dipaksa" buat betah. Tips pertama adalah harus tega(r) klo anak nangis beberapa hari pertama :P

Shanni November 16, 2008 at 11:09 AM  

wah Iko baek banget ya Fan, pribadinya angelic banget, pasti anak lebih kangen mamanya Fan, kan biar gimana kita lebih bonding sama mereka :)

Iko pinter ya, mudah2an hari2 berikutnya Iko dah terbiasa jadi ga nangis lagi dan mama ga sedih lagi :)

Nicholas NJB November 17, 2008 at 4:31 PM  

Shan, gw jadi pengen tahu lebih jauh soal jenis kepribadian angelic tuh, cari dimana ya?

makasih ya aunty supportnya :)

Shanni November 17, 2008 at 7:31 PM  

wah gw juga ga tau sih carinya dimana, waktu itu sih baca dibukunya tracy hog yg judulnya the baby whisperer ada 5 jenis pribadi anak Fan.

Ferie, Riana & Cyndie November 17, 2008 at 9:00 PM  

Hati yg lembut itu biasanya anaknya penuh perhatian Fan. Sebagai laki2 itu penting, karena nanti harus perhatian dan tanggung jawab sama keluarga ya. Thanks God kalo Iko punya sifat spt itu ya.

Duh...waktu baca Iko spt melamun trus ngerasa ada mamanya dan menyambut...mata jadi basah Fan hahaha....Iko so sweet ya. Punya anak memang sering bikin kita sentimentil...suka nangis dlm suka ya.

My guests

About This Blog

Look, I grow up so fast !

Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker

  © Blogger template 'Bean' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP