Sunday, August 3, 2008

Yaaaaa....

Sebagai orang tua, memberi teladan adalah cara paling baik dan efektif untuk mendidik anak. Apa yang anak lakukan (terutama untuk anak pra sekolah) bisa menjadi cerminan cara orang tua mendidik. Sejak kecil mama dan papa berjanji untuk mendidik iko dengan kelembutan bukan dengan kekerasan, karena mama dan papa percaya tidak ada satu pun jenis kekerasan yang dapat memberikan pendidikan yang baik selain rasa takut dan dorongan untuk memberontak alias defensif (bahasa kerennya). Cara kami meminta dan berbicara dengan iko pun, dijaga supaya tidak keras (red: berteriak) apalagi kasar (red: membentak, pakai kata-kata kasar), dan ternyata itu lebih efektif lho. Walo jujur kadang rasa cape, tidak sabar dan marah tetap ada dan memang butuh hati yang dingin dan rasa sayang tak terbatas untuk bisa tetap konsisten (cie, puitis bener ya hehe)
Nah salah satu pengalaman yang lucu dan membanggakan adalah cara iko menjawab panggilan. Dimana pun iko berada, klo dipanggil jawabannya "yaaaaaaa..." dengan suara mesra (kadang ditambah "yaaaa mama" atau "yaaaa papa") hehe Ini karena kita berdua klo dipanggil iko pasti selalu jawab "ya iko" atau "yes iko" (soal ini iko juga suka iseng panggil2 trus, sampe kita bosen jawabnya hehe)
Anyway, Semoga Tuhan selalu memberi kesabaran dan kebijakan pada Mama & Papa, sehingga bisa mendidik Iko menjadi anak yang baik dan berbudi. Amin :)

2 comments:

Michelle Angelee August 7, 2008 at 12:02 PM  

Salut buat keluarga kalian Fan... hebat...sejak kecil memang anak kudu diajarin etika n moral. Ciayo... dan semoga kita berhasil....point nya : sabar...sabar...dan sabar ya....thx 4 reminder.

Nicholas NJB August 7, 2008 at 5:44 PM  

Tul Ci Yolam..selalu sabar adalah kunci utamanya. 1 lagi adalah gak bosen2 mengajarkannya. Kita aja yang udah gede, kadang masih harus dingatkan toh :)Semoga kita bisa saling mengingatkan ya Ci.

My guests

About This Blog

Look, I grow up so fast !

Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker

  © Blogger template 'Bean' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP